Rabu, 10 Oktober 2012

Jenis Tari Tortor Batak






Tortor Somba
=========




Tortor Somba adalah Tari Tortor untuk menghormati Tuhan Yang Maha Kuasa, Raja serta para undangan agar mendapat berkat dan restu dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam bekerja.

Tortor Tunggal Panaluan
=================


Tortor Tunggal Panaluan adalah Tari Tortor yang sangat sakral bagi orang batak karena tortor ini menjadi mediasi manusia dengan Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Kuasa). Tortor tunggal panaluan dilaksanakanseorang dukun (Datu Bolon) atas perintah sang Raja dengan tujuan untuk menolakbala, meminta atau menolak hujan, membentuk kampung, atau mengambil keputusan untuk berperang.


Sendratari Pernikahan
================





Sendratari ini menceritakan prosesi singkat pernikahan pesta adat Batak Toba mulai dari 5 pasang muda-mudi mengikuti pesta Naposo (Muda-Mudi) dan sepasang sejati dari mereka  saling jatuh cinta. Kemudian mereka meminta pesta dari kedua orangtuanya dan selanjutnya prosesi pernikahan yang diberkati Pengetua Adat.Kemudian diteruskan prosesi pesta adat hingga pesta besar karena pihak laki-laki dan pihak perempuan selalu membuat suatu keputusan dan mempersetujui pesta pernikahan segera dilaksanakan.

Tortor Sipitu Sawan
==============




Tortor Sipitu Sawan adalah Tari tortor yang menceritakan ketika Mulajadi Nabolon(Tuhan Yang Maha Kuasa) pertama kalimenurunkan orang Batak di Pusuk Buhit dan kembali menurunkan 7(Tujuh) bidadari di Pusuk Buhit sambil menari dengan tujuh sawan yang berisi air dari 7 sumber mata air dan diperas dengan jeruk purut bertujuan membersihkan manusia yang sudah berbuat dosa agar hidup damai, rukun dan saling menghormat.


 

3 komentar: